09 Agustus 2010

Kebanyakan ngeSMS Bisa Mengakibatkan Penyakit Juga

Siapa yang hari gini ga butuh SMS???. Udah masuk kebutuhan pokok juga sepertinya. Mengirim info jadi lebih cepat dan murah dan masih baaanyak keunggulan-keunggulan lainnya. Nah sekarang coba diitung-itung, seberapa banyakkah kalian mengirim pesan pendek dalam satu hari???

"ternyata terlalu sering SMSan ada bahayanya juga lho"




Eitss, hati-hati juga nih kalo keseringan smsan atau chatting di HP. Annie, remaja berumur 16 tahun di Chicago yang mengalami sindrom kekakuan pada jari tangannya. Disebut juga carpal tunnel syndrome, mengakibatkan urat syaraf pada pergelangan tangannya jadi kaku. Katanya si Annie udah kehilangan rasa atau sensasi kepekaan pada kedua tangannya. Dia sedikitnya mengirim sms sebanyak 100X/hari.

Carpal Tunnel Syndrome (CTS). CTS adalah gangguan kesehatan dengan gejala kesemutan dan nyeri pada tangan, terutama pada 3 jari pertama (ibu jari, telunjuk, dan jari tengah). Gejala akan lebih terasa pada malam hari, atau saat seseorang berada dalam ruang ber-AC.

Gejala itu disebabkan adanya pembengkakan saraf yang melewati terowongan karpal di pergelangan tangan. Penyakit ini dapat disembuhkan bila cepat ditangani. Gangguan ini kerap mendera individu yang sering menggunakan pergelangan tangan dalam jangka waktu lama, seperti; aktifitas mengetik baik di HP maupun komputer [termasuk memegang mouse komputer]


Ini gejala-gejalanya :
  1. Rasa lemah, agak kaku atau rasa janggal pada tangan dan pergelangan tangan.
     
  2. Jari tangan terasa tak enak, kebas, mati rasa atau kesemutan terutama pada ibu jari, telunjuk dan jari tengah. Jika dibiarkan maka kekuatan otot akan berkurang dan lama-lama fungsi tangan akan hilang.
     
  3. Penderita sering terbangun di malam hari karena tangan terasa nyeri dan sering disertai kesemutan. Bila sudah sangat parah benda yang dipegang tiba-tiba bisa terlepas begitu saja.
CST juga dapat terjadi akibat penyakit lain sebagai salah satu bentuk komplikasi. Kondisi-kondisi medis penyebab CST adalah; obesitas, diabetes, gangguan kelenjar tiroid, kebiasaan merokok serta mengonsumsi alkohol dan kopi. Orang yang tidak berolahraga secara teratur juga terancam karena tubuh yang kurang terlatih menyebabkan sirkulasi darah dan otot kurang bisa bertoleransi dengan stres.


Selain aktifitas SMSan, pemakaian koputer [mengetik] aktif juga bisa berakibat sama

[eh tapi kayanya gw juga hampir segitunya deeh] Atuuuuuuuuuuuuuuut! ! ! !



Sumber : 
http://www.conectique.com/tips_solution/health/disease/article.php?article_id=4799
Gambar :
http://www.eorthopod.com/images/ContentImages/hand/hand_carpal_tunnel/hand_carpal_tunnel_intro01.jpg

Tidak ada komentar: